Unknown On Rabu, 29 Januari 2014

Return to Base yang biasa disingkat R2B menceritakan sedikit kisah Kapten Tae Hun yang diperankan aktor bertalenta Rain. Pilot pesawat tempur Korea Selatan ini terkenal dengan aksi manuvactur-manuvacturnya yang berbahaya, karena itu ia dipindah tugaskan ke Fighter Wing 2.

Ada tiga adegan yang paling mengharukan di paruh akhir film ini. Pertama, saat Dae Seo akan segera menikah dan berencana berhenti menjadi pilot, ia justru memutuskan ikut bertempur demi membantu anggotanya, dan naas maut pun menjemputnya. Kedua, di saat misi penyelamatan Letnan Ji Seok-hyeon yang tidak disetujui Amerika karena memicu perang antara Korsel dan Korut harus tetap dilaksanakan demi menyelamatkan anggota mereka yang jatuh diperbatasan. Ketiga, ketika Kapten Tae Hun berhasil selamat setelah pesawatnya tenggelam, sentak kedatangan pilot yang mampu melaksanakan misi dengan sukses ini mendapat sambutan dari semua tim Fighter Wing 2, termasuk Sersan Yu se-yeong, mekanis yang menjadi lawan main Tae Hun.

Selain para aktor dan aktris yang berhasil memerankan tokoh dengan baik, saya juga mengacungi jempol pada animatornya karena animasi manuvactur- manuvactur pesawat tempur yang dibuat terlihat sangat natural dan menegangkan. Selain itu, kameramen juga sangat bagus dalam mengambil gambar setiap adegan yang ada.

Namun karena jalan cerita yang dibuat sangat singkat, R2B kurang memberi kesan mendalam bagi penonton. Bahkan beberapa adegan, penggambaran ceritanya sedikit tanggung dan kurang menyentuh. Walau demikian, R2B mampu membuka cakrawala kita tentang tentara dirgantara Korea Selatan yang disiplin dan selalu bertanggung jawab dalam semua tugas yang diperintahkan.

R2B juga mengajarkan kita bagaimana bersikap layaknya seorang perajurit, dimana tak satupun ada permainan dalam sebuah pertempuran karena nyawalah taruhannya. Dan kita harus menyelamat keselamatan warga diatas keselamatan kita sendiri. Juga bagaimana seorang atasan harus mempertimbangkan keselamatan bawahannya, jangan sampai terprovokasi orang lain yang memfaatkan kita. Begitu pula bawahan yang harus menuruti instruksi atasannya, jangan sampai keegoisan kita mengalahkan peraturan yang berlaku.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Followers

Clock

Popular Posts

Diberdayakan oleh Blogger.